social Google+ Twitter Technorati Stumbleupon RSS Feed Digg Delicious

Saturday, April 20, 2013

TRADISI NYONGKOLAN DI LOMBOK

Nyongkolan

Bagi anda yang berada di Lombok atau sedang berlibur di Lombok dan bepergian ke daerah Lombok Tengah pada hari Sabtu atau Minggu di sore hari berpeluang besar melihat karnaval nyongkolan. Nyongkolan merupakan kegiatan adat yang sudah turun temurun ada sejak jaman dahulu dan merupakan rangkaian dalam prosesi pernikahan Suku Sasak.



Nyongkolan berupa karnaval atau arak-arakan kedua mempelai dari rumah mempelai pria menuju ke rumah mempelai wanita dengan diiringi oleh keluarga, sahabat dan kerabat mempelai pria. Mereka biasanya membawa rombongan musik yang biasa disebut kecimol. Ada pula yang menggunakan Gendang Beleq.

Proses Nyongkolan dilakukan mulai dari jarak 1 km dari rumah mempelai wanita, jadi apabila jaraknya jauh, mereka beramai-ramai menggunakan kendaraan bermotor hingga jarak 1 km tadi.

Tujuan dari prosesi ini adalah untuk memperkenalkan pasangan mempelai tersebut ke masyarakat, terutama pada kalangan kerabat maupun masyarakat dimana mempelai perempuan tinggal, karena biasanya seluruh rangkaian acara pernikahan dilaksanakan di pihak mempelai laki-laki.

Sebagian peserta dalam prosesi ini biasanya membawa beberapa benda seperti hasil kebun, sayuran maupun buah-buahan yang akan bibagikan pada kerabat dan tetangga mempelai perempuan nantinya. Pada kalangan bangsawan urutan baris iring-iringan dan benda yang dibawanya memiliki aturan tertentu.

Hingga saat ini Nyongkolan masih tetap dapat ditemui di Lombok, iring-iringan yang menarik masyarakat untuk menonton karena suara gendangnya ini biasanya diadakan selepas dhuhur di akhir pekan. apabila anda melakukan perjalanan antar kota do Lombok, maka bersiaplah untuk menghadapi kemacetan insidental akibat Nyongkolan yang dapat anda temui sepanjang jalan, apabila di kahir pekan tersebut banyak digelar pernikahan.


Sasak Day ajang Promosi Lombok di Jogjakarta



Para seniman dan budayawan Lombok hari ini telah berada di Jogjakarta dan siap untuk melakukan Karnaval memperkenalkan kebudayaan Lombok di Jogjakarta dalam event SasakDay. Event ini gelar berkat kerjasama antara Keluarga Mahasiswa Lombok Yogyakarta dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat.

Sasak Day digelar hari ini yaitu Sabtu 20 April 2013 melibatkan berbagai kebudayaan antara lain karnaval nyongkolan, ritual peresean, tari gandrung, parade musik semeton dan wayang sasak. Karaval yang berlangsung di sepanjang jalan Malioboro dan Alun-alun Utara ini mengundang mahasiswa lain dari berbagai daerah yang penasaran terhadap budaya Lombok.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB L. Gita Aryadi mengatakan event ini bukan hanya untuk mempromosikan kebudayaan dan kesenian NTB, namun juga untuk menjalin kerjasama antara Pemerintah Daerah DIY dengan NTB.

img source: skepat-lombok.blogspot.com, 500px.com

0 komentar:

Popular Posts

For more information and special deals related to any issues on this page, place your cursor over the double-underlined links. All information supplied by KONTERA