social Google+ Twitter Technorati Stumbleupon RSS Feed Digg Delicious

Saturday, August 31, 2013

TAMBORA MOUNTAIN

Provinsi Nusa Tenggara Barat saat ini sudah terkenal seantero dunia, khususnya Pulau Lombok. Hal itu terjadi karena peran pemerintah serta masyarakat dan swasta yang terus melakukan promosi keindahan alam di provinsi ini. Ternyata dua abad yang lalu, NTB juga pernah menjadi pembicaraan di seluruh dunia, mengapa?




Gunung Tambora di Sumbawa

Gunung Tambora yang terletak di Pulau Sumbawa adalah penyebab NTB menjadi bahan pembicaraan di seluruh dunia. Pada bulan April 1815 Gunung Tambora meletus dengan tingkat letusan yang sangat dahsyat bahkan menurut Index Letusan Gunung Berapi masuk ke skala 7 yang artinya sangat besar. Letusan tersebut hingga mempengaruhi iklim global selama beberapa bulan. Suara letusan terdengar hingga Makassar, Sulawesi, Jakarta bahkan hingga Sumatera.

Kini peristiwa tersebut sudah menjadi sejarah kelam namun mendunia, dua tahun lagi tepatnya tanggal 15 April 2015 NTB akan memperingati peristiwa dua abad meletusnya Gunung Tambora yang masuk dalam catatan dunia.

0 komentar:

Popular Posts

For more information and special deals related to any issues on this page, place your cursor over the double-underlined links. All information supplied by KONTERA