social Google+ Twitter Technorati Stumbleupon RSS Feed Digg Delicious

Saturday, August 4, 2012

Aneka Kuliner Khas Lombok


 Entahlah disengaja atau tidak, ternyata ada hubunganya antara nama pulau dengan cita rasa masakan nya. Lombok berarti cabai, kalau bicara cabai, maka yang terbayang rasa pedas. Ya, sebagian besar masakan khas pulau Lombok memiliki citarasa pedas. Tidak percaya ? mari ikuti saya berpetualang rasa di pulau Pedas eh di pulau Lombok.

Jamuan makan malam Ibu Atik, Desa Sanaru Lombok Timur.
Bagi saya wajib hukumnya untuk menceritakan enak nya masakan Ibu Atik ini. Ibu Atik adalah ibu rumah tangga yang berbaik hati mau memasakan kami ketika kami baru mengakhiri pendakian gunung Rinjani, kebetulan Ibu Atik adalah Bibik dari salah satu Guide yang mengantar kami ke Rinjani. Kepiawaian Ibu Atik dalam mengolah masakan memang sudah sangat terkenal di Desa Senaru ini. Beliau koki utama yang selalu diundang jika ada acara-acara penting desa seperti pernikahan atau acara khitanan. Ibu Atik bercerita " kalau lagi musim begawe (acara makan-makan setelah berlansungnya pernikahan ), saya bisa gak pulang mbak, keliling dari satu begawe ke begawe lain nya". Woow saya merasa beruntung bisa mecicipi kelezatan masakan ibu Atik.



Malam itu kami dijamu ibu Atik dengan hidangan khas Lombok lengkap. Saya melihat ada Sop Bebalung, Pelecing kangkung, Sate Pusuk, dan pelecing ayam. Tidak salah memang ibu Atik dipilih menjadi pemasak andalan desa Senaru, masakan nya luar biasa lezat. Sampai pada akhir liburan kami di pulau Lombok, masakan itu Atik inilah juara nya, baik itu bumbu pelecing nya, sate pusuk nya, maupun sop Bebalung nya. Saking terpana nya saya dengan rasa kuah sop Bebalung nya, saya memberanikan diri untuk belajar membuat kuah bebalung yang enak ini dan Ibu Atik yang baik hati mau memberi tahu saya tips cara membuat sop Bebalung yang enak.



Demikian cerita indah saya dengan jamuan makan malam di rumah Ibu Atik, walau makan malam hanya lesehan di atas tikar di ruang tengah rumah ibu Atik, tapi ini adalah jamuan makan malam yang sangat mewah buat saya dan teman-teman

content update through rss syndication infolombok.net

0 komentar:

Popular Posts

For more information and special deals related to any issues on this page, place your cursor over the double-underlined links. All information supplied by KONTERA