social Google+ Twitter Technorati Stumbleupon RSS Feed Digg Delicious

Thursday, August 9, 2012

SATE BULAYAK dan RUJAK SERUT


SATE BULAYAK


Dari nama nya saja sudah membuat saya penasaran, apa pula sate bulayak ini ? ternyata kalau dilihat dengan seksama, sate ini tidak terlalu istimewa, yaitu sate dari daging ayam atau daging sapi biasa. Namun, yang membuat istimewa adalah temannya saat dimakan, yaitu sebuah lontong yang dibungkus dengan daun lontar. Lontong ini berbentuk lonjong, pembungkusannya dilakukan dengan cara melilit daun lontar dari ujung keujung lontong, cara melilit ini di Lombok disebut Bulayak, oleh sebab itu sate ini disebut Sate bulayak, karena si sate selalu berdampingan dengan lontong lilit setiap kali tampil.

Keistimewaan lainnya dari sate ini terdapat pada bumbu yang digunakan, walaupun bumbu tampak kental, tapi saya tidak menemukan jejak kacang dalam olahan bumbu. Dari hasil percakapan dengan ibu penjual sate bulayak, saya baru tahu kalau kuah sate terdiri dari banyak bumbu, bahkan menurut saya bumbunya sangat lengkap, yaitu bawang putih, cabai rawit, bawang merah, merica, jahe, kunyit, lengkuas, terasi. Semua bahan ditumbuk halus lalu digoreng, terakhir disiram santan kental. Perpaduan semua bumbu menghasilkan rasa kuah yang nikmat, tapi hati-hati dengan rasa pedas yang muncul karena kehadiran si rawit dalam campuran bumbu.

Kita bisa merasakan kelezatan sate bulayak yang enak di Taman Suranadi, Narmada.

Rujak Serut buah Suranadi



RUJAK SERUT
Jika sudah sampai di Taman Suranadi, Narmada. Jangan tidak mencoba rujak buah nya. Dari penampakan nya rujak ini memang tidak berbeda dari rujak pada umum nya, beberapa macam buah-buahan segar di parut , lalu diatasnya di siram larutan gula merah kental dan terakhir disiram lagi dengan kuah merah yang terbuat dari cabe rawit dan terasi. Si kuah merah ini yang menjadikan rujak terasa istimewa, rasa pedas dan aroma udang dari terasi lombok yang khas langsung menyeruak ketika kita menikmati segarnya rujak, sensasional. Saking terpikatnya dengan si kuah merah ini, saya sampai membawa nya ke Jakarta.

Pasar Basah Cakranegara



Hampir disetiap akhir liburan saya disuatu daerah, saya akan menutup nya dengan berkunjung ke pasar traditional daerah tersebut. Begitu juga dengan kunjungan saya ke pulau Lombok kali ini. Di hari terakhir saya di Lombok, saya menyempatkan diri mengunjungi pasar basah Cakranegara. Tujuan utama saya adalah membeli terasi Lombok yang terkenal itu sebagai buah tangan untuk teman-teman di Jakarta.

AYAM BAKAR TALIWANG
TERASI LOMBOK




Pasar Cakranegara terletak di Jalan Cakranegara, tepat berada di pusat kota Mataram. Mengunjungi pasar traditional bagi saya sungguh sebuah pengalaman menarik, melihat aneka macam sayuran dan makanan yang menjadi ciri khas pulau Lombok, seperti sayur kangkung segar yang menjadi primadona untuk bahan pelecing dan penjaja ayam bakar dengan cara beberapa ekor ayam ditusuk sekaligus ala sate, ayam-ayam ini nantinya akan dibuat ayam taliwang. Di akhir acara susur pasar ini saya membeli jajanan pasar sebagai bekal perjalanan.




Sumber : Wisata Kuliner Lombok
subscribed via email updates from Info Lombok
Email delivery powered by Google

0 komentar:

Popular Posts

For more information and special deals related to any issues on this page, place your cursor over the double-underlined links. All information supplied by KONTERA