social Google+ Twitter Technorati Stumbleupon RSS Feed Digg Delicious

Monday, May 6, 2013

Info Lombok

Info Lombok


Berbagai Wisata Religi di Lombok

Posted: 05 May 2013 08:03 AM PDT

Jika membahas masalah religi, Pulau Lombok khususnya terdiri dari berbagai suku dan agama. Tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, Pulau Lombok menyimpan berbagai tempat Religi yang memang dijadikan sebagai obyek wisata bagi banyak orang.

Masjid Kuno Bayan

Masjid Kuno Bayan. Photo By: Ezrastafara

Tempat wisata religi Lombok tersebut berupa makam keramat, masjid kuno, vihara dan juga pura yang menyimpan sejarah tersendiri dan sudah pasti akan membuat penasaran para wisatawan baik lokal maupun asing. Tempat-tempat tersebut banyak dikunjungi, apalagi saat liburan keagamaan.

Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong. Photo By: TejaPhotos

Ada beberapa tempat wisata religi yang harus anda kunjungi di Lombok, antara lain:

Makam Keramat
Makam keramat adalah makam / kuburan dari jasad seseorang pemuka agama atau tokoh agama yang sangat berpengaruh pada masanya. Hingga kini makam tersebut tetap dirawat dan dijaga, bahkan banyak peziarah yang datang ke makam keramat tersebut. Beberapa makam keramat di Lombok antara lain:

  1. Makam Batu Layar
  2. Makam Loang Baloq
  3. Makam Selaparang
  4. Makam di Masjid Kuno Bayan Beleq
  5. Makam Keramat Cemare
  6. Makam Wali Nyatoq

Masjid Kuno
Selain makam kuno, ada pula Masjid Kuno atau masjid yang didirikan pada masa lampau dan konon merupakan masjid pertama / masa pertama di Pulau Lombok. Masjid tersebut masih dalam bentuk aslinya tanpa ada pemugaran ataupun perubahan sedikitpun. Hanya ada perawatan dari segi kebersihan saja. Beberapa masjid kuno tersebut adalah:

  1. Masjid Kuno Bayan Beleq
  2. Masjid Kuno Gunung Pujut

Pura Lombok
Pulau Lombok menyimpan keberagaman suku, budaya dan agama. Selain Masjid Kuno, salah satu tujuan wisata religi adalah Pura, yaitu tempat persembahyangan Umat Hindu. Ada beberapa Pura di Lombok yang memang dijadikan sebagai tempat wisata religi, baik oleh wisatawan, pemerintah maupun warga lokal sendiri. Pura tersebut yaitu:

  1. Pura Batu Bolong
  2. Pura Gunung Pengsong
  3. Pura Meru
  4. Pura Lingsar
  5. Pura di Taman Suranadi
  6. Pura Kalasa di Taman Narmada

Vihara Terbesar di NTB
Selain makam, masjid dan pura, ada satu lagi obyek wisata religi di Lombok yaitu Vihara Tendaun Giri Sena. Vihara ini terletak di Kabupaten Lombok Barat dan merupakan Vihara terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

0 komentar:

Popular Posts

For more information and special deals related to any issues on this page, place your cursor over the double-underlined links. All information supplied by KONTERA