social Google+ Twitter Technorati Stumbleupon RSS Feed Digg Delicious

Wednesday, June 19, 2013

Info Lombok

Info Lombok


Ampenan, Kota Tua di Pulau Lombok

Posted: 18 Jun 2013 04:05 PM PDT

Diantara ribuan keindahan tersaji lengkap di Pulau Lombok. Mulai dari pantai, air terjun, taman, pegunungan dan masih banyak lainnya. Dari sisi sejarah pun mencatat ada banyak obyek wisata yang dapat mengingatkan kita pada keadaan masa lampau di Pulau Lombok ini, dan yang masih utuh dan “hidup” saat ini adalah Ampenan.

Ampenan

Ampenan, Kota Tua yang masih Asri. Photo by: inilahmataram.com

Ampenan adalah sebuah Kota Tua yang sudah ada dan merupakan salah satu saksi sejarah Lombok sejak tahun 1800an. Belanda yang saat itu berkuasa membangun daerah tersebut menjadi sebuah dermaga / pelabuhan untuk menyaingi Pulau Bali.

Ampenan saat itu terjadi pembauran suku, etnis dan Agama. Terdapat beberapa kawasan seperti kawasan Arab, Tionghoa, Bugis, Buddha dan warga lokal. Mereka rukun dan berbaur tanpa ada masalah sedikitpun. Di Ampenan juga terdapat sebuah Wihara Bodhi Dharma yang berdiri sejak 1804.

Ampenan merupakan pelabuhan untuk kapal-kapal dagang, sehingga dijuluki sebagai tempat singgah. Salah satu panorama alam yang ada di Ampenan ini adalah tepi pantai, kita dapat melihat matahari terbenam di pantai ini.

Tambora Menyapa Dunia 2015

Posted: 18 Jun 2013 03:47 PM PDT

Ada dua Gunung terkenal di provinsi Nusa Tenggara Barat, yaitu Gunung Rinjani yang terkenal akan keindahan alamnya serta Danau Segara Anak yang membuat para pendaki semakin jatuh cinta. Yang kedua adalah Gunung Tambora yang terletak di Pulau Sumbawa.

Gunung Tambora

Gunung Tambora yang membuka mata dunia. Photo by: belantaraindonesia.org

Gunung Tambora ini terkenal karena merupakan salah satu Gunung dengan letusan paling dahsyat di seluruh dunia. Konon ledakan gunung ini terdengar hingga ke Jepang dan batu hasil dari ledakan tersebut terlempar hingga ke luar angkasa. Sungguh sesuatu yang mencengangkan.

Kini hampir 2 abad sudah ledakan dahsyat tersebut terjadi. Sebuah ledakan yang masuk dalam catatan sejarah dunia karena abunya menutupi sebagian wilayah di bumi ini.

Kini Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Pariwisata mempromosikan sebuah rencana event yang diberi judul “Tambora Menyapa Dunia 2015“. Event memperingati kejadian 200 tahun yang lalu.

Ini adalah salah satu cara untuk menggaet Wisatawan khususnya di Pulau Sumbawa setelah Pulau Lombok menjadi terkenal. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu mendukung hal tersebut karena akan menciptakan sebuah destinasi wisata baru.

0 komentar:

Popular Posts

For more information and special deals related to any issues on this page, place your cursor over the double-underlined links. All information supplied by KONTERA