social Google+ Twitter Technorati Stumbleupon RSS Feed Digg Delicious

Tuesday, July 16, 2013

Info Lombok

Info Lombok


Islam Wetu Telu

Posted: 15 Jul 2013 09:22 PM PDT

Perkembangan Agama Islam di Lombok berkembang cukup pesat. Sebelumnya Lombok dikuasai oleh Kerajaan Hindu. Kemudian pada abad ke 16 Agama Islam mulai disebarkan oleh Sunan Prapen ke Pulau ini khususnya di Bayan, Lombok Utara.

Masjid Bayan

Masjid Bayan Kuno, salah satu peninggalan Sunan Prapen

Akan tetapi sebelum ajaran Agama Islam selesai disebarkan / belum sempurna, Sunan Prapen terlebih dahulu meninggalkan Pulau Lombok sehingga ajaran yang diterima masih setengah-setengah. Penduduk di Bayan kemudian mencampur ajaran tersebut dengan kebudayaan mereka, sehingga munculah istilah Islam Wetu Telu.

Islam Wetu Telu adalah Bahasa Sasak dari Islam Tiga Waktu. Maksudnya pengerjaan ibadah-ibadah dalam Islam dilakukan tiga kali. Seperti bulan puasa saat ini. Muslim yang menganut Wetu Telu berpuasa pada saat pertama, pertengahan dan terakhir.

Ajarin Islam ini memang sangat menyimpang dan menyalahi aturan. Namun menurut penduduk setempat, kegiatan ini bukanlah ajaran agama melainkan pelestarian kebudayaan yang sudah ada sejak beberapa abad yang lampau.

Salah satu peninggalan Sunan Prapen dalam menyebarluaskan ajaran Agama Islam di Bayan adalah Masjid Kuno Bayan yang memiliki desain seperti rumah adat masa lampau.

3 Kuliner Wajib di Lombok

Posted: 15 Jul 2013 03:21 PM PDT

Pulau Lombok berukuran lebih kecil dari Pulau Bali ataupun Sumbawa, namun membutuhkan waktu yang lama untuk mengunjungi berbagai obyek wisata karena jumlahnya yang sangat banyak. Semua obyek wisata di Lombok memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri.

Namun jika anda tidak memiliki waktu, atau waktu liburan anda di Lombok sangat singkat, maka cukup kunjungi 3 tempat wajib saat liburan di Lombok.

Panjang ataupun pendeknya waktu tidak akan lengkap tanpa anda berwisata kuliner mencicipi masakan khas Pulau Lombok khususnya Suku Sasak. Ada banyak kuliner Khas di Lombok yang mungkin tidak bisa anda coba semuanya. Walaupun begitu, anda wajib merasakan makanan khas Lombok yang terkenal hingga mancanegara.

Berikut 3 kuliner wajib saat anda berlibur ke Lombok:

1. Pelecing Kangkung

Pelecing Kangkung

Bayangkan pedasnya pelecing kangkung khas Lombok

Siapa tidak kenal pelecing kangkung? Makanan ini sudah menjadi identitas Suku Sasak. Walaupun kini sangat banyak yang menjual Pelecing Kangkung khas Lombok di berbagai daerah, namun pelecing asli khas Lombok sangat berbeda.

Citarasa Kangkung dan rasa pedasnya berbeda dan khas, sehingga orang dapat dengan mudah mengetahui apakah Pelecing tersebut asli buatan Lombok atau bukan.

Sekedar tips untuk para wisatawan, jika ingin merasakan Pelecing Kangkung khas Lombok, cobalah mencari di perkampungan / pedesaan dan anda dapat merasakan khasnya makanan Lombok yang satu ini.

2. Ayam Bakar Taliwang

Ayam Bakar Taliwang

Ayam Bakar Taliwang, pedas dan gurih

Setelah mencari pelecing, para wisatawan biasanya mencari makanan khas lainnya yang tidak kalah terkenal yaitu Ayam Bakar Taliwang. Ayam bakar yang menggunakan racikan bumbu yang sudah turun temurun sejak jaman kerajaan ini terkenal dengan rasa pedas serta gurih.

Untuk mencari Ayam Bakar Taliwang cukup mudah. Di sepanjang jalan Pejanggik, Cakranegara, sangat banyak warung tenda yang menjual Ayam Bakar Taliwang.

3. Ares

Ares

Ares, makanan dari pelepah pisang yang lezat

Masakan khas Lombok yang satu ini bisa dibilang unik dan menarik namun memiliki rasa yang khas dan lezat. Dikatakan khas karena bahan dasar ares adalah pelepah pisang atau dalam bahasa Sasak disebut kedebong pisang yang dicacah / dipotong-potong hingga membentuk persegi panjang kecil-kecil. Lalu dimasak menggunakan bumbu-bumbu khas yang pedas.

Ares merupakan makanan wajib di acara-acara sakral seperti sunatan, kawinan ataupun acara adat di perkampungan / pedesaan.

Masih banyak makanan khas Lombok lainnya seperti Sate Tanjung, Sate Bulayak, Jaje Tujak sedaq Poteng, Nasi Balap Puyung dan lainnya. Namun ketiga makanan di atas cukup dapat membuat lidah anda merasakan nikmatnya makanan khas Lombok.

0 komentar:

Popular Posts

For more information and special deals related to any issues on this page, place your cursor over the double-underlined links. All information supplied by KONTERA