social Google+ Twitter Technorati Stumbleupon RSS Feed Digg Delicious

Tuesday, July 9, 2013

Info Lombok

Info Lombok


Tradisi Pepaosan Suku Sasak

Posted: 08 Jul 2013 02:43 AM PDT

Ada sebuah seni atau tradisi yang saat ini masih ada di Pulau Lombok khususnya dilakukan oleh Suku Sasak. Tradisi tersebut adalah Pepaosan, yaitu pembacaan daun lontar yang bertuliskan huruf jawa kuno dan memiliki arti.

Biasanya tulisan tersebut berisi tentang riwayat Nabi dan para sahabat Nabi yang dibacakan oleh beberapa orang diantaranya yaitu pemaos (penembang) kemudian penerjemah dan pendukung.

Mereka membaca riwayat dengan menggunakan nada yang merdu dan sangat khas. Pepaosan dibacakan setiap acara-acara besar keagamaan, khitanan bayi ataupun acara adat sakral lainnya.

Saat ini keberadaan pemaos (penembang) sudah berkurang karena kurang ketertarikannya anak muda saat ini untuk belajar menembang atau menjadi pemaos.

No related content found.

Suku Sasak Asli di Desa Nde

Posted: 08 Jul 2013 02:29 AM PDT

Kehidupan Suku Sasak asli memang menarik untuk disimak. Pola kehidupan sosial mereka yang masih awet hingga saat ini bisa dijadikan sebagai pelajaran sejarah tentang kehidupan Suku Sasak tempo dulu.

Rumah Adat Sasak

Rumah Adat Suku Sasak di Desa Nde

Salah satu Desa yang masih lestari dari segala sisi dari sejak dahulu kala hingga saat ini ada di Desa Nde, Kabupaten Lombok Tengah. Unsur budaya dan perilaku nenek moyang kita masih kental terasa di Desa ini.

Rumah-rumah adat yang berdiri di Desa Nde memiliki desain asli rumah jaman dulu. Terbuat dari anyaman bambu dan beratapkan alang-alang. Tembok serta lantai mereka terbuat dari campuran bata dan tanah liat yang dilumuri oleh kotoran kerbau. Suku Sasak masa lalu percaya bahwa zat yang terkandung di dalam kotoran kerbau dapat membuat lantai maupun tembok menjadi awet dan tidak mudah retak.

Jika anda ingin merasakan suasana kehidupan Suku Sasak asli tempo dulu atau kehidupan nenek moyang suku Sasak, maka tidak ada salahnya mengunjungi Desa Nde yang juga terkenal dengan kain songket buatan warga di sana.

0 komentar:

Popular Posts

For more information and special deals related to any issues on this page, place your cursor over the double-underlined links. All information supplied by KONTERA