social Google+ Twitter Technorati Stumbleupon RSS Feed Digg Delicious

Friday, July 5, 2013

Info Lombok

Info Lombok


Tari Oncer Tarian Unik Khas Sasak

Posted: 04 Jul 2013 08:29 PM PDT

Lombok menyimpan banyak tradisi budaya yang masih lestari hingga saat ini. Salah satunya adalah Tari Oncer. Tarian ini diciptakan pada tahun 1960 oleh Muhammad Tahir yang berasal dari Puyung, Lombok Tengah.

Tari Oncer

Tari Oncer khas Sasak diiringi Gendang Beleq

Tarian unik ini dilakukan bersama-sama dengan beberapa penari yang membawa gendang dan petuk. Gerakan tarian ini ada berbagai macam dan menggambarkan gerakan sesaat sebelum pergi berperang.

Gerakan yang pertama adalah gerak melangkah yang menggambarkan keberangkatan ke medan perang. Kemudian gerakan membuka pintu yang menandakan sudah keluar dari istana dan bersiap untuk berperang. Selanjutnya gerakan waspada dengan menoleh ke kiri dan ke kanan, hingga kemudian gerakan-gerakan sedang dan selesai berperang.

Alat-alat yang digunakan dalam tarian ini juga beragam, antara lain ceng-ceng, suling, rincik, gong, reong, dan gendang kecil yang terdapat dalam grup Gendang Beleq sebagai pengiring tarian tersebut.

Rumah dilumuri Kotoran Kerbau

Posted: 04 Jul 2013 08:24 PM PDT

Berbicara tentang Pulau Lombok tidak pernah terlepas dari segala keunikan dan keindahan yang ada. Ratusan pantai dengan keindahan yang alami, hutan serta pulau-pulau kecil atau Gili.

Rumah Adat di Desa Sade, Temboknya dilumuri kotoran kerbau

Berbicara keunikan, ada banyak kebudayaan di Lombok yang unik serta masih eksis hingga saat ini. Salah satunya adalah yang mungkin agak sedikit u201cjoroku201d bagi sebagian orang. Budaya tersebut adalah melumuri rumah dengan kotoran kerbau.

Ternyata kotoran kerbau mengandung zat yang dapat memperkuat lantai dan tembok. Banyak warga terutama di daerah Sade, Rambitan masih melakukan tradisi yang sudah turun temurun tersebut.

Mereka melumuri tembok dan lantai dengan kotoran kerbau yang sudah kering, kemudian dicampur dengan air sebanyak sekali dalam seminggu. Tradisi ini memang masih dilestarikan, sehingga apabila kita berkunjung ke rumah-rumah adat di daerah tersebut, maka aroma kotoran kerbau akan sedikit tercium.

Pasir Merica ala Tanjung Aan

Posted: 04 Jul 2013 08:22 PM PDT

Mendengar kata merica pasti kita membayangkan salah satu bahan bumbu dapur yang berbentuk bulat-bulat. Ukurannya lebih besar dari pasir pantai dan memiliki rasa yang khas.

Pasir Merica di Pantai Tanjung Aan

Pasir pantai memiliki ukuran lebih kecil dari merica dapur, namun di pantai Tanjung Aan, Lombok Tengah, memiliki pasir sebesar merica sehingga dinamakan pasir merica.

Banyak pengunjung pantai ini yang tidak membuang kesempatan dengan mengambil pasir merica untuk dijadikan hiasan di rumah mereka. Baik untuk menjadi pelengkap di taman maupun hanya sekedar untuk main anak-anak mereka.

0 komentar:

Popular Posts

For more information and special deals related to any issues on this page, place your cursor over the double-underlined links. All information supplied by KONTERA